ANALISIS KEBIJAKAN TENTANG KARTU INDONESIA PINTAR KULIAH AFIRMASI UNTUK PUTRA PUTRI PAPUA PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN KRISTEN SWASTA
DOI:
https://doi.org/10.54765/silihasah.v1i2.52Keywords:
Kebijakan, Kartu Indonesia Pintar-Kuliah Afirmasi, Putra-Putri PapuaAbstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis kebijakan Kementerian Agama tentang Kartu Indonesia Pintar afirmasi putra putri Papua untuk perguruan tinggi keagamaan Kristen swasta. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan, yakni mengkaji dari dokumen-dokumen serta artikel ilmiah yang terkait dengan arah kajian ini. Maka hasil analisis dari kajian ini adalah 1). Komitmen pemerintah. Program ini menunjukkan komitmen kuat pemerintah dalam memajukan pendidikan di Papua khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia; 2). Pentingnya peran pendidikan. Pendidikan tinggi merupakan salah satu kunci untuk memutus rantai kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua; 3). Partisipasi aktif. Diperlukan partisipasi aktif semua pihak, baik pemerintah, swasta, dan masyarakat Papua, agar program ini berhasil; dan 4). Harapan untuk masa depan. Program ini diharapkan dapat melahirkan generasi muda Papua yang tangguh, mandiri dan mampu membawa perubahan positif bagi Papua dan Indonesia.
References
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah. http://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/16
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama. (2021.). Nomor: 289 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Beasiswa Afirmasi Putra-Putri Orang Asli Papua Pada Perguruan Tinggi.
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama. (2020). Keputusan Nomor 292 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Beasiswa Afirmasi Program “Kita Cinta Papua” pada Direktorat Jenderal Pembinaan Masyarakat Kristen. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama. (2024). Nomor: SK 13 Tahun 2024 Tentang Juknis Beasiswa Afirmasi Orang Aasli Papua Pada Perguruan TinggI.
Meutia, I. F. (2017). Analisis kebijakan publik. repository.lppm.unila.ac.id. http://repository. lppm.unila.ac.id/18950/
Negara, P. I. A. (2023.). Evaluasi Program Beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) Di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. In repository.ar-raniry.ac.id. https://repository.ar-raniry.ac.id/36299/1/Rauzalia%2C 190802088%2C FISIP%2C IAN.pdf
Purwad. (2021). Kemenag Kembali Berikan Beasiswa kepada 330 Putra-Putri Papua Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Kamis, 09 September 2021 - 10:49 WIB oleh M Purwadi dengan judul “Kemenag Kembali Berikan Beasiswa kepada 330 Putra-Putri Papua”. Unt.
Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021a). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi. https://www.journal.fdi.or.id /index.php/ jmas/article/view/427
Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021b). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi. https://www.journal.fdi.or.id/ index.php/jmas/ article/view/427
Rozak, A., & Az-Ziyadah, A. I. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. In Alim| Journal of Islamic Education. scholar.archive.org.
Surat Edaran Menteri Agama. (2020). Nomor: SE 19 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Program “Kita Cinta Papua” Kementerian Agama.
Wulandari, S. (2020). Efisiensi Program Kartu Indonesia Pintar (Kip) Dengan Metode Data Envelopment Analysis (Dea). repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace /handle/ 123456789/54506
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Silih Asah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.