Membangun Resiliensi Spiritual Kristen Pada Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau Dari Pandangan Teologi Disabilitas

Authors

  • Suardin Zai Sekolah Tinggi Teologi Ekumene (STTE) Jakarta
  • Yusuf Setiawan Sudarso Kusumo Sekolah Tinggi Teologi Ekumene (STTE) Jakarta
  • Suarman Zai Sekolah Tinggi Teologi Ekumene (STTE) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasuh.v1i2.50

Keywords:

Christian spiritual resilience, children with special needs, disability theology perspective

Abstract

Children with special needs are one of the most vulnerable groups to experience emotional stress and mental disorders. Therefore, building spiritual resilience becomes extremely important to help them better face life's challenges. This research aims to explore ways to build Christian spiritual resilience in children with special needs from the perspective of disability theology. Disability theology offers a new perspective on disability as part of God's plan and acknowledges the dignity and potential of these children. Through in-depth literature study and theological analysis, this research will identify principles and practices that can help develop strong self-confidence, courage, and meaning in life for children with special needs in the context of the Christian faith. The findings of this research are expected to provide valuable insights for educators, counselors, and religious leaders in accompanying children with special needs to grow holistically, physically, mentally, and spiritually.

References

Amatullah, A. (2022). Analisis implementasi pendidikan berbasis inklusif sebagai upaya mencegah diskriminasi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16038–16045. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4916

Bening, T. P., & Putro, K. Z. (2022). Upaya pemberian layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus di PAUD non-inklusi. Jurnal Basicedu, 6(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3401

Budiardjo, T. (2021). Pelayanan anak yang holistik: Anak dan dunianya sebagai fokus kepedulian dan pemberdayaan generasi baru. PBMR ANDI.

Claudia, F., & Sudarji, S. (2019). Sumber-sumber resiliensi pada remaja akhir yang mengalami kekerasan dari orangtua pada masa kanak-kanak. Psibernetika, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v11i2.1436

Dapa, A. N., & Mangantes, M. L. (2021). Bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus. Deepublish.

Erdianti, R. N. (2020). Hukum perlindungan anak di Indonesia. UMMPress.

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep dasar anak berkebutuhan khusus. MASALIQ, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Gesika, G., Sarumpaet, S., Zega, A. J., & Berek, F. (2022). Pendampingan anak berkebutuhan khusus dalam spiritualitas di TK Smart Kids Batam. Jurnal Nauli, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.1234/jurnal

Halamury, M. F. (2024). Pendidikan agama Kristen dan teori belajar (Implementasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas). Academia Publication.

Halim, A. (2020). Wacana keagamaan di Indonesia pasca reformasi. IAIN Surakarta Press.

Iqbal, M., & Fawzea, K. (2020). Psikologi pasangan: Manajemen konflik rumah tangga. Gema Insani.

Irwanto, K. (2022). Aspek nilai keperawanan dalam hak-hak asasi manusia. CV. Green Publisher Indonesia.

Kemensos. (2020). Kemensos dorong aksesibilitas informasi ramah penyandang disabilitas. https://kemensos.go.id/kemensos-dorong-aksesibilitas-informasi-ramah-penyandang-disabilitas

Kotin, L. M. (2023). Gerakan pelayanan kasih di Desa Yalatan Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kole-kole, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62095/.v2i1.58

Kumowal, R. L. K., Kalintabu, H. K., & Awuy, P. O. A. (2022). Orangtua dan gereja dalam menjaga kesehatan mental anak remaja. Journal of Psychology Humanlight, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.51667/jph.v3i2.1203

Leo, S. (2021). Kiat sukses mengelola dan mengajar sekolah minggu. PBMR ANDI.

Maulida Nur, M. P., Novita Sari, M. P., & Havid Surya, M. P. (2023). Coping stress guru PAUD: Penanganan anak berkebutuhan khusus di sekolah PAUD reguler. Dalam Sada Kurnia Pustaka. Sada Kurnia Pustaka. https://repository.sadapenerbit.com/index.php/books/catalog/book/116

Munawwarah, H. (2022). Strategi pembelajaran untuk anak usia dini di era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PSNIP/article/view/735

Muriana, Saenom, Felipus Nubatonis, & Marthen Mau. (2024). Pentingnya pendampingan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar dari rumah di masa pandemi COVID-19 untuk anak usia 10-12 tahun di Dusun Sentagi. Jurnal Coram Mundo: Teologi & Pendidikan Agama Kristen, 6(1). https://doi.org/10.55606/corammundo.v6i1.287

Nduru, Y. N., Combi, J. S., Zai, S., & Kawatu, L. P. (2024). Peran keluarga dalam membentuk kemampuan berkomunikasi anak usia dini melalui metode bermain peran: Perspektif pendidikan agama Kristen. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i2.327

Nggebu, S. (2022). Peran eksklusif orang tua dalam membentuk konsep diri remaja Kristen. Sola Gratia: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.47596/sg.v2i2.154

Oktaviani, E., & Setiyono, I. E. (2023). Pengembangan ethnoscience puzzle guna mendorong kemampuan kognitif anak berkebutuhan khusus. Journal of Telenursing (JOTING), 5(2), 3060–3068. https://doi.org/10.31539/joting.v5i2.7690

Poerti, P., & Arifianto, Y. A. (2024). Strategi pembelajaran guru PAK dalam menanamkan nilai moral dan spiritual pada anak berkebutuhan khusus. Murid Kristus: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(1), Article 1.

Raintung, A. B. J. (2023). Terapi keluarga sebagai pelayanan pastoral dalam membangun resiliensi keluarga Kristen. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 9(3), Article 3. https://doi.org/10.30995/kur.v9i3.861

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sihabudin, A. (2022). Komunikasi antarbudaya: Satu perspektif multidimensi. Bumi Aksara.

Simorangkir, S. L. B. L., & Sumarno, A. M. (2021). Tinjauan teologis konsep hidup berkelimpahan dalam perspektif teologi kemakmuran. Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia, 1(2), 61–87. https://doi.org/10.54403/rjtpi.v1i2.17

Syarifah, F. (2023, March 16). Jumlah anak berkebutuhan khusus terus bertambah tapi hanya 12 persen yang sekolah formal. liputan6.com. https://www.liputan6.com/disabilitas/read/5233102/jumlah-anak-berkebutuhan-khusus-terus-bertambah-tapi-hanya-12-persen-yang-sekolah-formal

Viter, D. M. K., Kapoh, L. B., & Mau, M. (2023). Pentingnya peranan guru pendidikan agama Kristen meningkatkan minat membaca Alkitab bagi peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Teriak Kabupaten Bengkayang. Jurnal DIKMAS Arastamar Ngabang, 5(2). https://doi.org/10.55606/dikmas.v5i2.286

Zainuddin. (2021). Urgensi pembelajaran ushul fiqih dalam menanamkan sikap moderat siswa (Studi kasus di Madrasah Mu’allimin Ad Diniyyah Al Hikmah 1 Brebes) [Master's thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59306

Published

2024-06-25

How to Cite

Suardin Zai, Yusuf Setiawan Sudarso Kusumo, & Suarman Zai. (2024). Membangun Resiliensi Spiritual Kristen Pada Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau Dari Pandangan Teologi Disabilitas . Jurnal Silih Asuh : Teologi Dan Misi, 1(2), 111–124. https://doi.org/10.54765/silihasuh.v1i2.50

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.