Kode Etik Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Menengah

Kajian Teoretis dan Kontekstual

Authors

  • Selfiana Soumilena Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i1.104

Keywords:

Kode Etik Guru; Pendidikan Agama Kristen; Sekolah Menengah; Profesionalisme Guru; Keteladanan Teologis; Etika Profesi; Kontekstualisasi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kode etik guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan keteladanan teologis dalam praktik pendidikan di sekolah menengah. Guru PAK tidak hanya dipandang sebagai penyampai pengetahuan kognitif, tetapi juga sebagai teladan hidup yang menghadirkan nilai-nilai Kristiani melalui sikap, perkataan, dan tindakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka terhadap berbagai literatur terkini yang membahas etika profesi guru, teologi pendidikan, serta praktik pendidikan agama Kristen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru PAK terhadap kode etik masih bervariasi, mulai dari yang melihatnya sekadar aturan administratif hingga yang menafsirkannya sebagai panggilan iman dan tanggung jawab moral. Keteladanan teologis terbukti menjadi aspek penting dalam implementasi kode etik karena guru PAK dituntut untuk menunjukkan konsistensi antara ajaran iman dan perilaku nyata. Implementasi kode etik dalam praktik pendidikan terlihat dalam pengajaran, relasi interpersonal, dan kerja sama kelembagaan, meski menghadapi tantangan etis seperti dilema nilai, tekanan eksternal, serta pengaruh media digital. Temuan juga menegaskan bahwa kode etik dan keteladanan teologis guru PAK berperan signifikan dalam pendidikan karakter siswa, membentuk integritas, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Kesimpulannya, integrasi antara kode etik profesional dan keteladanan teologis memungkinkan guru PAK menjadi agen transformasi moral dan spiritual yang relevan di tengah kompleksitas pendidikan modern. Penelitian ini menekankan perlunya pembinaan berkelanjutan bagi guru PAK agar mampu menghidupi kode etik dan menghadirkan teladan Kristiani dalam proses pendidikan.

References

Adu, S. C., Kiling-Bunga, B. N., & Djami, M. F. (2023). Etis teologis keteladanan guru Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 4(2), 112–126. https://ejournal.iaknkupang.ac.id

Bachtiar, I. (2022). Professional learning communities and the strengthening of teacher ethics in Indonesian schools. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(2), 145–160.

Deak, J., & Chukwu, R. (2025). Kode etik guru Pendidikan Agama Kristen sebagai landasan profesionalisme dan integritas. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7(1), 33–48. https://ejurnal.sttkadesiyogyakarta.ac.id

Ehrich, L. C., Kimber, M., Millwater, J., & Cranston, N. (2011). Ethical dilemmas: A model to understand teacher practice. Teachers and Teaching, 17(2), 173–185. https://doi.org/10.1080/13540602.2011.539803

Fahruddin, M., & Sari, N. (2020). Implementasi kode etik guru PAI di sekolah menengah: Antara kepatuhan dan fleksibilitas. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 33–48.

Istifarni, I., Manurung, E., & Lubis, R. (2024). Kode etik guru dan refleksi diri dalam peningkatan profesionalisme guru Bahasa Inggris di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2), 55–70. https://jurnal.insanciptamedan.or.id

Korsgaard, O. (2019). Exploring the role of exemplarity in education: Two dimensions of the teacher’s task. Journal of Philosophy of Education, 53(4), 674–690. https://doi.org/10.1111/1467-9752.12350

Lewin, D., & Korsgaard, O. (2024). Teacher exemplarity and moral identity in education. Ethics and Education, 19(1), 1–18. https://doi.org/10.1080/17449642.2023.2280112

Maulida, N., Budiman, A., & Nadhirah, A. (2023). Student views of BK teacher profiles in terms of BK professional ethics. Journal of Education and Counseling, 5(1), 45–56.

Mawikere, J., & Hura, M. (2025). The theology of spirituality of the Christian teacher for the effectiveness of their ministry. Imitatio Christo Journal of Theology and Christian Education, 1(1), 15–29.

Munthe, Y. (2024). Teacher professionalism, ethical code and values of reconciliation. Transformasi: Jurnal Pendidikan Agama dan Kebudayaan, 10(1), 21–36. https://transformasi.kemenag.go.id

Permana, D., Kurniawan, H., & Amalia, N. (2022). Reflective practice among EFL teachers in Indonesia. ELTIN Journal, 10(2), 123–135. https://doi.org/10.22460/eltin.v10i2.p123-135

Rusmin, R., Abidin, M., & Mosiba, J. (2022). Budaya lokal dan implementasi kode etik guru di madrasah. Jurnal Kependidikan Islam, 12(2), 201–218.

Setiawan, Y. A., & Sirait, R. A. (2025). Pendidikan Kristen sebagai Fondasi Teologis dan Historis dalam Konteks Modern. Arastamar: Jurnal Ilmu Pendidikan Keagamaan, 1(1), 35-45.

Shapira-Lishchinsky, O. (2023). The power of open dialogue: Using normative case studies to facilitate ethical dilemmas discussions among school teachers. Teaching and Teacher Education, 125, 104118. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104118

Sirait, R. A. (2024). Strategi PAK Ditinjau Dari Sudut Pandang Sosiologi Pendidikan. Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik, 2(1), 71–82. https://doi.org/10.61132/tritunggal.v2i1.213

Tezcan, G. (2024). Ethical case-analysis framework in teacher education: Developing moral decision-making skills of pre-service teachers. Turkish Journal of Education, 13(2), 105–121.

Thomas, G. (2024). A vision for Christian education ethos: The experiences of school leaders in two schools and implications for practice. In Christian education in the contemporary world (pp. 233–250). Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-97-1231-1_11

Tirri, K. (2022). Teachers’ professional ethics: A framework for moral sensitivity and responsibility. Journal of Moral Education, 51(3), 245–260. https://philpapers.org

Tirri, K., & Kuusisto, E. (2022). The moral dimensions of teaching: Ethics, professionalism, and cultural contexts. Journal of Moral Education, 51(3), 245–260. https://doi.org/10.1080/03057240.2021.1995074

Warnick, B. R., & Silverman, S. K. (2011). A framework for professional ethics courses in teacher education. Journal of Teacher Education, 62(3), 273–285. https://doi.org/10.1177/0022487110398002

Downloads

Published

2025-10-13

How to Cite

Soumilena, S. (2025). Kode Etik Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Menengah: Kajian Teoretis dan Kontekstual. Jurnal Silih Asah, 2(1), 114–130. https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i1.104

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.