Peran Guru Pak Dalam Amanat Agung Berdasarkan Matius 28:19-20 Bagi Pertumbuhan Iman Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.94Keywords:
Guru PAK, Amanat Agung, Pertumbuhan Iman, Pendidikan KristenAbstract
Penelitian ini menganalisis peran guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam mengimplementasikan Amanat Agung berdasarkan Matius 28:19–20, serta implikasinya terhadap pertumbuhan iman peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di SD Kristen Pelita Bangsa Bandung dengan observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAK memiliki tiga peran utama, yaitu sebagai penginjil, pelatih, dan pengajar. Ketiga peran ini berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan iman peserta didik melalui penginjilan, pembinaan rohani, dan pengajaran firman Tuhan. Tantangan yang muncul meliputi kurangnya dukungan keluarga, pengaruh teknologi digital, dan dangkalnya pemahaman rohani siswa. Penelitian ini menegaskan urgensi guru PAK sebagai agen Amanat Agung di sekolah.
References
Anderson, J. (2021). Children’s faith formation in the church context. Journal of Christian Education, 64(2), 115–128. https://doi.org/10.1177/0021965721991342
Banks, R. (2018). Reenvisioning theological education. Grand Rapids, MI: Eerdmans.
Barna, G. (2019). Transforming children into spiritual champions. Ventura, CA: Regal Books.
Campbell, D. (2020). Educating the whole child for the whole world. New York, NY: Teachers College Press.
Erikson, E. H. (1968). Identity: Youth and crisis. W. W. Norton.
Estep, J. R., Anthony, M. J., & Allison, G. R. (2020). Christian formation: Integrating theology and human development. Nashville, TN: B&H Academic.
Fowler, J. W. (1995). Stages of faith: The psychology of human development and the quest for meaning. HarperOne.
Fowler, J. W. (2019). Stages of faith: The psychology of human development. San Francisco, CA: Harper & Row.
Graham, E. (2020). Faith development in the classroom. Journal of Religious Education, 68(1), 45–60. https://doi.org/10.1007/s40839-020-00105-3
Harkness, A. (2020). The role of teachers in nurturing faith. Religious Education, 115(3), 273–289. https://doi.org/10.1080/00344087.2020.1744378
Knight, G. R. (2021). Philosophy and education: An introduction in Christian perspective. Berrien Springs, MI: Andrews University Press.
Lestari, M., & Simanjuntak, P. (2020). Kreativitas guru Sekolah Minggu dalam membangun iman anak. Jurnal Pendidikan Kristen Indonesia, 6(1), 45–56.
Ningsih, R. (2022). Peran guru Sekolah Minggu dalam membangun kepercayaan diri rohani anak. Jurnal Teologi Anak dan Remaja, 3(2), 87–98.
Nuhamara, D. (2021). Pemuridan dalam pendidikan Kristen. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(1), 14–28. https://doi.org/10.47166/jtpk.v2i1.45
Pazmiño, R. W. (2020). Foundational issues in Christian education. Grand Rapids, MI: Baker Academic.
Setiawan, Y. (2021). Pertumbuhan iman anak dalam pendidikan Kristen. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan, 20(2), 233–247. https://doi.org/10.36421/veritas.v20i2.233
Sirait, R. A., Windarti, M. T., & Sukarna, T. (2023). An Analysis of Education within Batak Society. Berumpun: International Journal of Social, Politics, and Humanities, 6(1), 45–60. https://doi.org/10.33019/berumpun.v6i1.86
Smith, J. K. A., & Smith, J. (2021). You are what you love: The spiritual power of habit. Grand Rapids, MI: Brazos Press.
Susanto, A. (2020). Pendidikan iman anak di gereja lokal. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 11(2), 130–141.
Wright, C. J. H. (2018). The mission of God: Unlocking the Bible’s grand narrative. Downers Grove, IL: IVP Academic.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Silih Asah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.