Implementasi Integritas Kristus Berdasarkan Injil Matius 4:1–11 Terhadap Kehidupan Rohani Guru-Guru SMPS Fajar Mas, Lasori I Lahusa, Nias

Authors

  • Idaman Laia Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Herman P Madjan Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i1.88

Keywords:

Integritas Kristus, Guru Kristen;Matius 4:1–11; Pendidikan Karakter;Etika Profesional; Teladan Yesus; Spiritualitas Guru.

Abstract

Penelitian ini membahas relevansi integritas Kristus sebagaimana dicontohkan dalam Matius 4:1–11 sebagai dasar etika profesional dan spiritual bagi guru-guru Kristen. Dalam kisah pencobaan di padang gurun, Yesus menunjukkan keteguhan hati dan kesetiaan terhadap firman Tuhan, tanpa kompromi terhadap godaan kuasa, kekayaan, dan pengakuan. Sikap ini menjadi model sempurna integritas, yang tidak hanya bersifat moral tetapi juga spiritual. Guru Kristen sebagai pendidik dan pembentuk karakter generasi masa depan, diharapkan hidup selaras antara ucapan, prinsip, dan tindakan, sebagaimana Kristus meneladankan.Melalui pendekatan kualitatif deskriptif berbasis studi pustaka, penelitian ini menganalisis prinsip-prinsip integritas Kristus dan implikasinya dalam dunia pendidikan Kristen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integritas guru Kristen berdampak langsung terhadap efektivitas pendidikan karakter, kepercayaan peserta didik, dan kredibilitas lembaga pendidikan. Namun, tantangan besar juga diidentifikasi, seperti tekanan profesional, relativisme moral, dan godaan kompromi nilai.Strategi pembinaan integritas meliputi penguatan disiplin rohani, pelatihan etika Kristen, mentoring oleh figur teladan, serta dukungan institusional dari gereja dan sekolah. Guru Kristen dipanggil tidak hanya mengajar pengetahuan, tetapi juga menjadi pemimpin rohani yang mencerminkan kehidupan Kristus. Dengan menjadikan integritas sebagai inti dari pelayanan pendidikan, guru mampu menjadi terang dan garam bagi dunia pendidikan yang tengah menghadapi krisis moral. Oleh karena itu, implementasi integritas Kristus menjadi kebutuhan mendesak dalam membentuk guru Kristen yang profesional, beriman, dan berpengaruh secara transformatif.

References

Arifin, M., Santoso, R., & Dewi, L. (2022). The role of teacher’s consistency in character education development. Journal of Educational Character Building, 3(1), 55–70.

Bandura, A. (1977). Social learning theory. Prentice Hall.

Effendy, S. (2021). Pendidikan karakter guru Kristen dalam menghadapi era digital. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 101–115.

Hasibuan, R. (2021). Etika profesional guru Kristen: Tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan Kristen, 4(2), 75–90.

Hutabarat, M. R. (2020). Keteladanan Yesus sebagai Guru Agung dalam Injil Matius dan relevansinya bagi guru masa kini. Jurnal Manna Sorgawi, 7(1), 22–35.

Ningsih, A., Prasetyo, Y., & Wulandari, S. (2021). Stress management for teachers maintaining professional integrity. Journal of Educational Psychology, 14(3), 142–158.

Purba, S. (2023). Integritas dalam pendidikan Kristen: Sebuah refleksi terhadap tantangan etika guru di era postmodern. Jurnal Transformasi Pendidikan Kristen, 8(1), 45–60.

Sari, F., & Hidayat, T. (2022). Komunikasi efektif dalam menghadapi konflik di lingkungan pendidikan Kristen. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan, 6(2), 85–98.

Setiawan, B., Anugerah, D., & Kartini, S. (2023). Membangun budaya integritas di sekolah Kristen. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(1), 34–50.

Simanjuntak, A., & Silalahi, J. (2019). Spiritualitas Kristen dan pembentukan karakter pendidik. Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia, 4(2), 78–93.

Suryani, L. (2020). Pengaruh integritas guru terhadap kepercayaan siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(2), 95–110.

Susanto, E., & Dewi, N. (2023). Etika profesi guru Kristen dalam dunia digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 10(1), 120–135.

Wibowo, A., & Prayoga, H. (2022). Pembentukan karakter guru melalui model pembinaan rohani. Jurnal Pendidikan Kristen, 6(3), 132–147.

Wijaya, R. (2023). Digital ethics in Christian education: Challenges and strategies. Journal of Christian Education, 15(1), 44–61.

Yusak, D. (2022). Membangun integritas guru berdasarkan teladan Yesus Kristus dalam pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan dan Teologi, 6(3), 134–147.

Downloads

Published

2025-08-08

How to Cite

Laia, I., & Madjan, H. P. (2025). Implementasi Integritas Kristus Berdasarkan Injil Matius 4:1–11 Terhadap Kehidupan Rohani Guru-Guru SMPS Fajar Mas, Lasori I Lahusa, Nias. Jurnal Silih Asah, 2(1), 78–91. https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i1.88

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.