Makna Pendidikan Agama Kristen Bagi Pembentukan Moral Dan Spiritualitas Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Ferimawati Gea Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Martha Mulyani Kurniawan Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.99

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen, Moral, Spiritualitas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman peserta didik terhadap Pendidikan Agama Kristen, serta mengindentifikasi pengaruhnya terhadap perilaku moral dan spiritualitas peserta didik di SMP Kristen Ketapang III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan terdiri dari 2 peserta didik kelas VII, 2 peserta didik kelas VIII, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memahami Pendidikan Agama Kristen secara holistik sebagai sarana untuk mengenal Tuhan, membentuk karakter, dan memperdalam iman. Pendidikan Agama Kristen berkontribusi nyata terhadap perilaku moral peserta didik serta menunjukkan perkembangan spiritual peserta didik. Temuan ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Kristen di SMP Kristen Ketapang III berfungsi secara efektif dalam membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga dewasa dalam spiritual dan berkarakter.

References

Asa, A. I. (2019). Pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 245–258.

Baskoro, P. K. (2020). Shanan jurnal Pendidikan Agama Kristen. Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 57–78.

Gulo, Y. (2021). Pentingnya kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan motivasi siswa belajar Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja, 5(1), 89–104.

Karso. (2019). Keteladanan guru dalam proses pendidikan di sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 384.

Kiswanto, H. (2022). Tanggung jawab guru Pendidikan Agama Kristen dalam melaksanakan profesinya sebagai pendidik. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), 199–210.

Kuntari, V. D. J., & Haan, E. B. (2022). Peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam menerapkan nilai Kristen. Aletheia: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 3(1), 67–79.

Lase, D., & Hulu, E. D. (2020). Dimensi spiritualitas dalam kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Kristen. Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 13(1), 13–25.

Minggus. (2023). Penerapan metode coaching untuk meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 4(2), 144–158. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v4i2.128

Mukaromah, S. M. (2018). Kepemimpinan spiritual (spiritual leadership) guru sekolah dasar dalam pembentukan karakter peserta didik. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 63.

Sartika, P., Sihotang, H., & Tarigan, R. A. (2021). Pengaruh Pendidikan Agama Kristen dalam keluarga dan rutinitas kegiatan ibadah di sekolah terhadap pembentukan moral siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pancur Batu. Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi, 4(1), 53–72.

Selamat. (2020). Hubungan keteladanan guru PAK dengan pertumbuhan spiritual siswa. Jurnal Pendidikan Religious, 2(1), 36–46.

Sidjabat, B. S. (2011). Mengajar secara profesional. Yayasan Kalam Hidup.

Simanjuntak, J. (2023). Desain dan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Kristen. ANDI.

Sirait, R., & Richson, J. (2022). Profesionalisme guru agama Kristen dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(2), 382–398.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29.

Timpal, J. D. F. (2022). Pengaruh kompetensi spiritual pedagogik dan sosial guru Pendidikan Agama Kristen terhadap kualitas belajar mengajar siswa. Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 6(2).

Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Yudi. (2020). Peran guru PAK sebagai teladan dalam meningkatkan kerohanian dan karakter peserta didik. Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 57–78.

Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan guru sebagai penguat proses pendidikan karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1), 49–60.

Wenda, Y. (2018). Peran guru PAK sebagai motivator. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–13.

Zuriatin, Nurhasanah, & Nurlaila. (2021). Andangan dan perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam memajukan pendidikan nasional. Jurnal Pendidikan IPS, 11(1), 48–56.

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Gea, F., & Kurniawan, M. M. (2025). Makna Pendidikan Agama Kristen Bagi Pembentukan Moral Dan Spiritualitas Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Silih Asah, 2(2), 129–144. https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.99

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.