Tantangan Pendidikan Kristen Dalam Membantu Para Remaja Kristen Menghadapi Krisis Identitas Di Era Digital

Authors

  • Neri Astriana Koehuan Sunsmile Kids Alam Sutera Pre-School
  • Novel Priyatna Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasah.v1i2.59

Keywords:

Identitas diri, remaja, era digital, media sosial, pendidikan Kristen.

Abstract

Era digital membawa perubahan signifikan dalam kehidupan remaja, termasuk bagaimana mereka memahami identitas diri. Pendidikan Kristen memiliki peran penting dalam membimbing dan mendampingi remaja untuk memahami identitas mereka berdasarkan nilai-nilai Kristen di tengah tantangan dan pengaruh kuat media sosial. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan pendidikan Kristen dalam membantu para remaja Kristen menghadapi krisis identitas diri di era digital, dengan studi kasus di salah satu SMP Kristen di Gading Serpong. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus tunggal. Subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang dibutuhkan dikumpulkan melalui proses wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan proses trangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dampak krisis identitas diri yang dialami remaja, meliputi dampak pada kerpercayaan diri, kehidupan sosial dan prestasi akademik remaja. Jalinan kerjasama yang terikat secara disiplin dan konsisten dari pihak keluarga dan sekolah dapat membantu siswa menghadapi krisis identitas di era digital.

References

Arniwati; Budyarto, R. Dampak Teknologi Terhadap Kehidupan Rohani Anak Dan Remaja. Pertama. malang: penerbit gandum mas, 2012.

Awang, Jellyan Alviani, Iky S. P. Prayitno, and Jacob Daan Engel. “Strategi Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja Dalam Membentuk Konsep Diri Guna Menghadapi Krisis Identitas Akibat Penggunaan Media Sosial.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 4, no. 1 (2021): 98–114.

Ayun, Primada Q. “Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial Dalam Membentuk Identitas.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 3, no. 2 (2015): 1–16.

Berkhof, Louis; Van Til, Cornelius. Dasar Pendidikan Kristen. Kelima. Surabaya: Momentum, 2013.

Berkhof, Louis. Teologi Sistematika, Doktrin Manusia. Sembilan. Surabaya: Momentum, 2011.

———. Teologi Sistematika: Doktrin Gereja. 8th ed. Surabaya: Momentum, 2010.

Calvin, Yohanes. Institutio: Pengajaran Agama Kristen. Sembilan. Jakarta: Gunung Mulia, 2013.

Doni, R. Fahlepi. “Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja.” Jurnal Sains dan Seni ITS 6, no. 1 (2017): 51–66. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1.

Edison, Thomas. F. Pendidikan Nilai-Nilai Kristiani, Menabur Norma Menuai Nilai. Pertama. Bandung, 2018.

Felita, Pamela., Siahaja, Christine., Wijaya, Vania., Melisa, Gracia., Chandra, Marcella., Dahesihsari, Rayini. “Pemakaian Media Sosial Dan Self Concept Pada Remaja.” Jurnal Ilmiah Psikologi Manasa 5, no. 1 (2016): 30–41.

Garey, Evans. “Identitas Diri Remaja.” Jurnal Youth Ministry 4, no. 2 (2016): 109–119.

Gita;, Aprinta E.B;, Errika;, Dwi S.W.; “HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN TINGKAT KEPEKAAN SOSIAL DI USIA REMAJA.” The Messenger 9, no. 1 (2017): 65–69.

Jamun, M. Yohannes. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.” UnikastPaulus 10 (2018). https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54.

Maknun, Djohar., Pamungkas, Tubagus., Marlina U. Genisa, Kuswari. Hernawati, Joko. Purnomo, Nurul M. Khikmawati, and Muh. Tamimmudin. Sukses Mendidik Anak Di Abad 21. Edited by Alviana Cahyanti. Pertama. Yogyakarta, 2018.

Putri, R. S. Wilga; Nurwati, Nunung; Santoso, R. Meilanny. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Jurnal Unpad 3 (2016).

Sidjabat, Binsen S. Pendidikan Kristen Konteks Sekolah - 12 Pesan Untuk Guru Dan Pengelola Pendidikan. Edited by Yosep Kurnia. Pertama. Bandung: Kalam Hidup, 2018.

Simamora, Nenny Natalina. “Hakikat Dan Tujuan Sekolah Kristen.” TE DEUM (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) 4, no. 1 (2021): 1–23.

Sugiarto., Hendratono, Tonny., Sudibyo, Djoko. METODOLOGI PENELITIAN HOSPITALITI DAN PARIWISATA. Pertama. Tangerang: Matana Publishing Utama, 2015.

Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan, 2013.

Taufik, Ali, and Tatang Apendi. “Analisis Dampak Negatif Pergaulan Anak Remaja Di Era Globalisasi Dengan Kemajuan Teknologi.” WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan 5, no. 1 (2021): 26.

Tong, Stephen. Arsitek Jiwa 1. Kesepuluh. Surabaya: Momentum, 2011.

Waruwu, Mesirawati; Arifianto, A. Yonatan; Suseno, Aji. “Peran Pendidikan Etika Kristen Dalam Media Sosial Di Era Disrupsi.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 43–56.

Wolterstorff, Nicholas P. Mendidik Untuk Kehidupan. Ketiga. Surabaya: Momentum, 2014.

Yang, Ferry. Pendidikan Kristen. Pertama. Surabaya: Momentum, 2018.

Yin, K. Robert. Studi Kasus Desain Dan Metode. 1st ed. Depok: Rajawali Pers, 2018.

Published

2024-08-22

How to Cite

Koehuan, N. A., & Priyatna, N. (2024). Tantangan Pendidikan Kristen Dalam Membantu Para Remaja Kristen Menghadapi Krisis Identitas Di Era Digital. Jurnal Silih Asah, 1(2), 208–222. https://doi.org/10.54765/silihasah.v1i2.59

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.