Tanggung Jawab Pendidik Menurut Amsal 22:6 Dalam Mengoptimalkan Potensi Peserta Didik di SMP Nasional Plus BPK Penabur Bogor

Authors

  • Erwin Andayani Simanjuntak Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Ayu Sutrisna Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.101

Keywords:

Tanggung Jawab Pendidik, Potensi Peserta Didik, Pendidikan Kristen, Amsal 22:6, SMP Nasional Plus BPK Penabur Bogor

Abstract

Pendidik memiliki tanggung jawab yang besar dalam membentuk generasi penerus bangsa. Di Indonesia, tantangan dunia pendidikan masih sangat kompleks, mulai dari rendahnya kualitas lulusan, lemahnya karakter, hingga maraknya kasus kekerasan dalam pendidikan. Amsal 22:6 memberikan dasar teologis bahwa pendidikan adalah usaha membimbing anak sesuai jalan yang benar agar tetap bertahan hingga dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidik dalam mengoptimalkan potensi peserta didik di SMP Nasional Plus BPK Penabur Bogor dengan perspektif Alkitabiah. Penelitian menggunakan metode kualitatif studi kasus melalui wawancara daring dengan siswa, guru, dan orang tua, serta studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab pendidik bukan hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter, mengembangkan bakat, dan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Optimalisasi dilakukan melalui kurikulum berbasis Kristiani, kegiatan ekstrakurikuler, serta pembiasaan karakter. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara pendidik, orang tua, dan sekolah dalam membentuk generasi yang berkarakter, beriman, dan berkompetensi.

References

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage.

Edlin, R. J. (2015). Hakikat pendidikan Kristen. Jakarta: Gunung Mulia.

Epstein, J. L. (2018). School, family, and community partnerships. Routledge.

Kiswanto, H. (2025). Peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam pembinaan rohani siswa. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 4(1). https://doi.org/10.46348/car.v4i1.153

Koesoema, D. (2015). Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Lase, E., Tampubolon, E., & Simorangkir, J. (2021). Peran Pendidik Kristen terhadap dampak new morality dari era digital. Jurnal Transformasi: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan, 1(1). Retrieved from https://journal.sttintibandung.ac.id/index.php/JT/article/view/57

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage.

Nikson, S. (2024, October 12). Nestapa siswa tewas akibat hukuman guru. Kompas, p. 5.

Noddings, N. (2013). Education and democracy in the 21st century. Teachers College Press.

Pasaribu, J. (2024). Integritas Kristen dalam profesi pendidikan: Upaya guru meningkatkan pentingnya spiritualitas bagi naradidik. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2). Retrieved from https://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/200

Samaloisa, H. A., & Hutahaean, H. (2020). Pentingnya guru Pendidikan Agama Kristen dalam pembentukan karakter, spiritual, moralitas, dan rohani peserta didik. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 129–143. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.155

Siahaan, J. P., & Wardhani, M. K. (2024). Peran guru Kristen sebagai imam dalam memfasilitasi transformasi kehidupan murid. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1). Retrieved from https://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/182

Simanullang, L. A., & Naibaho, D. (2021). Peranan guru Pendidikan Agama Kristen dalam menciptakan kepribadian Kristiani siswa pada zaman modern. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2). Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1694

Simanungkalit, M. K. (2025). Peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk karakter Kristiani siswa di SMK Negeri 1 Beringin. Sukacita: Jurnal Pendidikan Iman Kristen, 2(2). https://doi.org/10.61132/sukacita.v2i2.760

Sirait, R. A. (2024). Strategi PAK Ditinjau Dari Sudut Pandang Sosiologi Pendidikan. Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik, 2(1), 71-82.

Tampubolon, R. (2016). A teacher who has self-control. Bekasi: Binawarga.

Tampubolon, R. (2017). Guru yang setia. Bekasi: Binawarga.

Downloads

Published

2025-09-01

How to Cite

Simanjuntak, E. A., & Sutrisna, A. (2025). Tanggung Jawab Pendidik Menurut Amsal 22:6 Dalam Mengoptimalkan Potensi Peserta Didik di SMP Nasional Plus BPK Penabur Bogor. Jurnal Silih Asah, 2(2), 145–157. https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.101

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.