Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 2 Cianjur

Authors

  • Gracie Beatrice Chika Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Ayu Sutrisna Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.90

Keywords:

Minat belajar, Siswa, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti, SMP Negeri 2 Cianjur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Cianjur. Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan melakukan observasi di kelas dan menggunakan google form sebagai media pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Kristen kelas VII hingga IX dengan jumlah 8 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa tinggi. Para siswa menunjukkan ketertarikan terhadap materi yang disampaikan, khususnya ketika metode pembelajaran yang digunakan bersifat interaktif dam kontekstual dengan kehidupan sehari-hari, siswa aktif bertanya di dalam kelas jika ada materi yang tidak dimengerti, siswa menunjukkan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas belajar serta hadir ke sekolah tepat waktu. Dalam konteks pendidikan agama Kristen, minat belajar membantu siswa menghayati nilai-nilai iman, kasih dan tanggung jawab secara nyata dalam hidup.

References

Boehlke , R. (2013). Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen . Jakarta : BPK Gunung Mulia .

Damanik , C. O. (2024). "Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Nilai-Nilai Spiritual Siswa di Indonesia". Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Trust Pentakosta 1 No. 1.

Hamatara , M. M. (2024). "Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Karakter dan Tanggung Jawab Remaja". Jurnal Excelsior Pendidikan 5 No. 2.

Herlawan , H. (2024). "Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (Studi Kasus di SMA Negeri 14 Ambon)". Jurnal On Education 6 No. 4.

Homrighausen , E. (2008). Pendidikan Agama Kristen . Jakarta : BPK Gunung Mulia .

Intiarti , E. R. (2016). "Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator" . Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei 1 No. 2 .

Kristanto, P. L. (2006). Prinsip dan Praktek PAK Penuntun Bagi Mahasiswa Teologi dan PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama dan Keluarga Kristen . Yogyakarta : ANDI .

Kurniawan , F. (2021). "Kompetensi Guru Berdasarkan 2 Timotius 3:10-17". Jurnal Kala Nea 2 No. 2.

Ligan , L. (2022). "Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9". Jurnal Pendidikan Kristen 2 No. 1.

Lilik , P. K. (2006). Prinsip dan Praktek PAK Penuntun Bagi Mahasiswa Teologi dan PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama dan Keluarga Kristen . Yogyakarta: ANDI.

Manik , R. E. (2025). "Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Iman Remaja di Era Digital ". Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik 3 No. 1 .

Ndraha , Y. (2024). "Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pendidikan Agama Kristen". Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Humaniora 8 No. 2.

Ratag , A. E. (2022). "Sumbangan Martin Luther Terhadap Pendidikan Agama Kristen". Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 5 No. 2.

Septiyaningsih , D. N. (2025). "Peran Teknologi dan Media Belajar Siswa Sekolah Dasar". Jurnal On Education 7 No. 2.

Downloads

Published

2025-08-14

How to Cite

Chika, G. B., & Sutrisna, A. (2025). Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 2 Cianjur. Jurnal Silih Asah, 2(2), 15–27. https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.90

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.