Pemanfaatan Lagu Sebagai Media Menghafal Cerita Alkitab Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SD Kristen 03 Wonosobo
DOI:
https://doi.org/10.54765/silihasuh.v2i2.106Keywords:
Anak; Cerita Alkitab; Lagu; Metode Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pemanfaatan lagu sebagai alat bantu dalam menghafal cerita Alkitab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di kelas IV SD Kristen 03 Wonosobo. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya daya ingat siswa terhadap isi cerita Alkitab yang disampaikan secara konvensional melalui metode ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (action research), yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode lagu dapat meningkatkan daya ingat siswa terhadap isi cerita Alkitab. Siswa menjadi lebih antusias, aktif, serta mampu menceritakan kembali isi cerita dengan lebih runtut dan lengkap. Penerapan lagu terbukti membantu siswa memahami isi cerita Alkitab secara lebih menyenangkan dan bermakna. Selain itu, metode ini juga memperkuat keterlibatan emosional dan sosial siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, lagu dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif dan kreatif dalam pengajaran PAK, khususnya untuk materi berbentuk naratif seperti cerita Alkitab.
References
Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula, 16.
Benny H. J. Pasaribu. (2017). Pendidikan Agama Kristen: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Andi Offset.
Creswell, J. W. (2013). Reserch Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed [Research Design, Qualitative, Quantitative and Mixed Approach ] (Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cucu Suhana. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Destiana, E. (2021). Buku Ajar Pendidikan Seni Musik (PGSD–PG-PAUD). Umsida Press.
Desyandri, D., & others. (2019). Seni musik serta hubungan penggunaan pendidikan seni musik untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222–232.
Direktorat Jenderal Bimas Kristen. (2013). Kurikulum PAK Sekolah Dasar. Kemenag RI.
Kemdikbud, P. P. (2013). Buku Paket Seni Budaya Kelas XII. Jakarta: Kemdikbud.
Levitin, D. J. (2006). This Is Your Brain on Music: The Science of a Human Obsession. New York: Dutton/Penguin Group.
Moleong, L. L. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran.
Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. New York: Basic Books.
Scott, W. A., ; Ytreberg, L. H. (1900). Teaching English to Children. London: Longman.
Setyarini, D. (2018). Metode pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar, 6(2), 30–44.
Siregar, J. (2017). Metodologi Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trimantara, P. (2005). Metode sugesti-imajinasi dalam pembelajaran menulis dengan media lagu. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(4), 1–15.
Uzer, Y. (2019). Implementasi pembelajaran bahasa inggris anak melalui metode gerak dan lagu untuk anak paud. PERNIK, 2(2), 187–193.
Wanadadi. (n.d.). Wow! Lagu 4 Kata Ajaib Bisa Jadi Sarana Edukasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Wow! Lagu 4 Kata Ajaib Bisa Jadi Sarana Edukasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini”, Klik untuk baca: https://www.ko. kompasiana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Silih Asuh : Teologi dan Misi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.