Kepemimpinan Nehemia dan Kontribusinya terhadap Majelis Jemaat di Gereja Pantekosta Isa Almasih Indonesia Jemaat Filadelfia Kota Bogor

Authors

  • Kristiana Darsih STT Kadesi Bogor
  • Tonny Andrian Stefanus STT Kadesi Bogor
  • Herling Frederick Bulahari STT Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasuh.v1i2.48

Keywords:

Orang tua Kristen; Disiplin; Keluarga Kristen; Kepribadian

Abstract

Penelitian ini mengkaji kontribusi kepemimpinan Nehemia terhadap Majelis Jemaat di Gereja Pantekosta Isa Almasih Indonesia Jemaat Filadelfia Bogor. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana prinsip-prinsip kepemimpinan Nehemia dapat diterapkan dalam konteks gereja modern untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan dan pertumbuhan spiritual jemaat. Nehemia dikenal sebagai pemimpin yang mengandalkan doa, memiliki visi yang jelas, berdedikasi tinggi, dan mampu mengorganisir kerja sama dalam mencapai tujuan bersama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data langsung dari lokasi penelitian untuk memberikan gambaran situasi yang dihadapi jemaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Nehemia memberikan inspirasi bagi majelis jemaat dalam memperkuat kehidupan doa, menetapkan tujuan yang jelas, menunjukkan ketekunan dan keberanian, serta pentingnya kolaborasi. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan Alkitabiah dalam kehidupan gereja sehari-hari, yang dapat membantu memperkuat kepemimpinan gereja dan memotivasi jemaat untuk berpartisipasi aktif dalam pelayanan.

References

Adrian, Tonny. Pelayanan Berkuasa Menjelang Akhir Zaman. Bandung: Agiamedia, n.d.

Brill, J. Wesley. Tafsiran Surat Timotius Dan Titus. Bandung: Kalam Hidup, n.d.

Darmaputra, Eka. Pemimpin Yang Memimpin. Yogyakarta: Kairos, 2011.

Eims, Leroy. 12 Ciri Kepemimpinan Yang Efektif, n.d.

Hammond, Jeff. Leader Kepemimpinan Yang Sukses. Jakarta: Metanoia, 2003.

Hannas, Hannas, and Rinawaty Rinawaty. “Kepemimpinan Hamba Tuhan Menurut Matius 20:25-28.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 2 (July 31, 2019): 208–224.

Muner, Daliman. Hidup Sukses Dikendalikan Visi. Yogyakarta: Kadesi Publisher, 2017.

Rush, Myron. Manajemen Menurut Pandangan Alkitab. Malang: Gandum Mas, 2002.

Sander, J. Owsland. Kepemimpinan Rohani. Bandung: Kalam Hidup, 1979.

Serrano, Janse Belandina Non, and Sulleman Chandra. Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas XII. Jakarta: Kemendikbud, 2018.

Tomatala, Yakob. Kepemimpinan Yang Dinamis. Jakarta: YT Foundation, 2021.

“ADIL, KEADILAN DAN KEBENARAN - Studi Kamus - Alkitab SABDA.” Accessed June 21, 2024. https://alkitab.sabda.org/dictionary.php?word=ADIL,%20KEADILAN%20DAN%20KEBENARAN#ensiklopedia_1.

“Ajarku Mengandalkan-Mu : Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti / Nofedin Waruwu, Yethie Bessie; Editor, Kristihandari PK | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Accessed June 21, 2024. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=997409.

Published

2024-07-02

How to Cite

Darsih, K., Stefanus, T. A., & Bulahari, H. F. (2024). Kepemimpinan Nehemia dan Kontribusinya terhadap Majelis Jemaat di Gereja Pantekosta Isa Almasih Indonesia Jemaat Filadelfia Kota Bogor . Jurnal Silih Asuh : Teologi Dan Misi, 1(2), 139–152. https://doi.org/10.54765/silihasuh.v1i2.48

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.