Pemikiran Relativisme Dan Tantangannya Bagi Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Delpi Novianti STT Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasuh.v2i2.107

Keywords:

Relativisme; Tantangan; PAK.

Abstract

Relativisme sebagai pandangan filsafat modern menolak adanya kebenaran yang absolut, termasuk dalam ranah keagamaan dan moralitas. Dalam konteks pendidikan Kristen, pemikiran ini menjadi tantangan serius karena menggoyahkan dasar epistemologis iman yang menegaskan bahwa Allah adalah sumber kebenaran sejati. Relativisme menempatkan manusia sebagai ukuran kebenaran, sehingga setiap pandangan dianggap sah menurut keyakinan pribadi, budaya, atau pengalaman masing-masing. Akibatnya, nilai-nilai objektif yang bersumber dari wahyu ilahi semakin kabur di tengah sistem pendidikan yang cenderung menekankan kebebasan berpikir tanpa batas moral. Tantangan ini meliputi tiga dimensi utama: penolakan terhadap kebenaran absolut, pandangan bahwa semua agama sama, dan keyakinan bahwa kebenaran bersandar pada pengalaman subjektif. Ketiganya menyebabkan peserta didik kehilangan arah moral dan spiritual yang jelas. Pendidikan Kristen dituntut untuk merespons dengan menegaskan kembali kebenaran yang bersumber dari firman Tuhan, memperkuat kemampuan berpikir kritis berbasis iman, serta mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Alkitabiah dalam seluruh bidang ilmu. Guru Kristen memiliki peran strategis dalam menanamkan keyakinan bahwa Kristus adalah kebenaran yang hidup dan tidak berubah di tengah dunia yang terus bergeser secara ideologis. Dengan demikian, pendidikan Kristen bukan hanya berfungsi mentransfer pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan cara pandang dunia yang berakar pada kebenaran Allah yang kekal, sebagai jawaban terhadap arus relativisme yang mengaburkan makna sejati dari kebenaran.

References

Carson, D. A. (2022). The intolerance of tolerance. Grand Rapids, MI: Eerdmans.

Chandra, X., & Widyawan, A. (2012). Menanggapi relativisme. Prosiding Simposium Nasional Filsafat III, 90–110.

Dockery, D. S. (2021). Renewing minds: Serving church and society through Christian higher education. Nashville, TN: B&H Academic.

Dockery, D. S., & Thornbury, G. A. (2020). Shaping a Christian worldview: The foundation of Christian higher education. Nashville, TN: B&H Academic.

Groothuis, D. (2020). Truth decay: Defending Christianity against the challenges of postmodernism. Downers Grove, IL: IVP Academic.

Grudem, W. (2020). Christian ethics: An introduction to biblical moral reasoning. Wheaton, IL: Crossway.

Kärkkäinen, V.-M. (2020). Christian theology in the pluralistic world. Grand Rapids, MI: Eerdmans.

Karlina, S. (2012). Menanggapi relativsime (C. Xaverius, Ed.). Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala.

Lewis, C. S. (2021). The abolition of man: Ethics and the decline of objective values. New York, NY: HarperOne.

Mauclau, I. A., & Stevanus, K. (2021). Pentingnya memahami finalitas Kristus sebagai dasar iman yang menyelamatkan di tengah isu relativisme agama. Logia, 3(1), 500780.

McDowell, S., & Wallace, J. W. (2020). So the next generation will know: Preparing young Christians for a challenging world. Colorado Springs, CO: David C. Cook.

Novianti, D. (2024). Hakikat pendidikan Kristen dalam gereja. Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat (JURRAFI), 3(1), 108–119. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v3i1.2749

Plantinga, A. (2021). Faith and rationality: Reason and belief in God. Notre Dame, IN: University of Notre Dame Press.

Rae, S. B. (2021). Moral choices: An introduction to ethics. Grand Rapids, MI: Zondervan.

Satrijo Budiwibowo. (2004). Kajian filsafat ilmu dan filsafat pendidikan tentang relativisme kultural dalam perspektif filsafat moral. Filsafat Pendidikan, 2, 10–20.

Shandery, T., Paulus, Y., & Haans, A. L. J. (2021). Pola penggembalaan dalam menangkal paham relativisme berdasarkan 1 Timotius 4:13. SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual, 12(2), 81–93. https://doi.org/10.47154/scripta.v12i2.126

Smith, J. K. A., & Smith, D. I. (2019). Teaching and Christian practices: Reshaping faith and learning. Grand Rapids, MI: Eerdmans.

Vanhoozer, K. J. (2023). Biblical authority after Babel: Retrieving the solas in the spirit of mere Protestant Christianity. Grand Rapids, MI: Brazos Press.

Wilkens, S., & Sanford, M. L. (2022). Hidden worldviews: Eight cultural stories that shape our lives. Downers Grove, IL: IVP Academic.

Wright, N. T. (2020). Broken signposts: How Christianity makes sense of the world. New York, NY: HarperOne.

Zacharias, R., & Vitale, A. (2020). Why Jesus? Rediscovering his truth in an age of mass marketed spirituality. Grand Rapids, MI: Zondervan.

Downloads

Published

2025-10-14

How to Cite

Novianti, D. . (2025). Pemikiran Relativisme Dan Tantangannya Bagi Pendidikan Agama Kristen . Jurnal Silih Asuh : Teologi Dan Misi, 2(2), 51–60. https://doi.org/10.54765/silihasuh.v2i2.107