Pengaruh Model Integratif Berdasarkan Daniel 6:1-28 Dalam Meningkatkan Pembelajaran Siswa di SDN Cibojong

Authors

  • Aris Antonius STT Kadesi Bogor
  • Maria Titik Windarti STT Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasah.v1i1.4

Keywords:

The Influence of Integrative Models, The Integrative Model in Increasing Dispersion

Abstract

Integrative learning is a study that contains more than one subject into a particular learning theme, so that it can provide students with experience in the learning process by using a field of study approach. The integrative learning process can be seen in aspects such as the time aspect and learning process, curriculum aspects and teaching aspects. Based on the results of observations that have been made, students' motivation and interest in learning is low. This is shown by students' lack of enthusiasm in participating in learning due to monotonous learning, teachers still using a dictation system and the provision of learning tools being inadequate so that the learning process feels saturated and boring. Therefore, the activity of implementing this integrative learning model requires students to be more active than the teacher who is the guide in the learning process. As for the steps that must be taken in this learning activity, students must interact with the learning material and must interact with learning resources so that they can easily master the concepts and indices in the integrative learning process.

References

Yovita, 2014. Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Dengan Penmdekatan Saintfik Kelas IVB SD Negeri Percobaan 3 Pekam. Yogyakarta.

Sadaria, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Integratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP LKMD Ketapang.

Hidayah, 2015. Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar.

Nurdinah, 2020. Pembelajaran Matematika dan Sains secara integratif melalui Situation-Based.

Agustina Tri, Pembelajaran Tematik-Integratif Untuk Membentuk Generasi Penerus Bangsa Yang Berkarakter Dan Berakhlak Mulia (Disampaikan pada Kongres dan Konferensi Ilmiah HEPI di Bali, 18-20 September 2014).

Jefryadi, 2016. Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kurikulum 2013 (Studi Kasus: MIN Yogyakarta II dan MI Ma‟had Islamy Kotagede Yogyakarta) Tesis, Program Megister (S2) Konsentrasi Guru Kelas Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Trianto, 2012. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara.

Asep Herry Hernawan dan Novi Resmini, Konsep Dasar..., hal 1.20

Dr.A.Halim, 2020. Pengembangan video pembelajaran integratif berbasis e-learning untuk pengurangan miskonsepsi (e-vimis) pada konsep gaya, Banda Aceh.

Hastuti, 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Pembelajaran Terpadu Model Integrated Bermuatan Pedidikan Karakter.

Arsiah Arsyad, A. H. 2021. Penerapan Pembelajaran Terpadu Model Integrated Dalam Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V-C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal Of Education , 1-8.

Muqoyyanah, A. R. 2010. Efektivitas dan efisiensi model pembelajaran ipa terpadu tipe integrated dalam pembelajaran tema cahaya. Jurnal pendidikan fisika indonesia , 44-47.

Trianto, 2017. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Ardi Nugroho, Ikhlasul.2013. Pengembangan model pembelajaran integratif (science Process skills, cmap tools, dan cue framework) guna Membekali kemampuan merencanakan pembelajaran Tematik bagi mahasiswa pgsd. Yogyakarta.

Nengsi, Ratika.2021. Penerapan metode integratif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik .

Suharsimi Arikinto.2010. Mertode Penelitian (Yogyakarta: Renika Cipta, 2010), 35

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Aris Antonius, & Maria Titik Windarti. (2024). Pengaruh Model Integratif Berdasarkan Daniel 6:1-28 Dalam Meningkatkan Pembelajaran Siswa di SDN Cibojong. Jurnal Silih Asah, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.54765/silihasah.v1i1.4