Implementasi Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kerja Sama Siswa Berdasarkan Filipi 2:1-11 Di SMA Bhakti Insani Bogor

Authors

  • Lini Widia Astrid Turege Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Elia Umbu Zasa Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Sri Rezeki Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.98

Keywords:

Project Based Learning, kerja sama, Pendidikan Kristen, Filipi 2:1–11, kolaborasi siswa

Abstract

Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran inovatif yang menekankan keterlibatan aktif peserta didik melalui pengerjaan proyek nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Model ini diyakini mampu memadukan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna sekaligus meningkatkan keterampilan kolaboratif siswa. Sejumlah penelitian terdahulu menegaskan efektivitas PjBL, antara lain dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, serta motivasi belajar siswa. Dalam konteks pendidikan Kristen, nilai-nilai kerja sama, kerendahan hati, dan kebersamaan yang diajarkan Rasul Paulus dalam Filipi 2:1–11 memiliki relevansi kuat dengan prinsip PjBL. Nilai sehati sepikir, rendah hati, dan menanggung bersama menjadi fondasi penting dalam membangun kerja sama kelompok yang sehat.Namun, realitas di SMA Bhakti Insani menunjukkan bahwa implementasi PjBL belum optimal. Siswa masih menunjukkan sikap pasif, kurang fokus, serta minim kerja sama baik dengan guru maupun teman sebaya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji lebih jauh implementasi PjBL yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Alkitabiah dalam meningkatkan kerja sama siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik observasi, kuesioner, dan wawancara terhadap 80 responden. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan PjBL terhadap peningkatan kerja sama siswa, dengan korelasi sebesar 0,940 dan kontribusi pengaruh mencapai 94%.Temuan ini menegaskan bahwa PjBL dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kerja sama siswa apabila dijalankan sejalan dengan nilai-nilai Kristiani. Dengan demikian, PjBL tidak hanya melatih keterampilan akademik dan kolaborasi, tetapi juga membentuk karakter siswa yang berlandaskan kasih, kerendahan hati, dan kebersamaan

References

Ahmad, R. (2021). Project Based Learning dalam Konteks Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Rajawali Pers.

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House, 83(2), 39–43.

Gillies, R. M. (2016). Cooperative learning: Review of research and practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3), 39–54.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.

Hoover, R. W. (2018). The Social World of Paul’s Letters. Grand Rapids: Eerdmans.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Researcher, 38(5), 365–379.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277.

Larmer, J., Mergendoller, J., & Boss, S. (2015). Setting the Standard for Project Based Learning. Alexandria: ASCD.

Lise, A. (2023). Kerja Sama dalam Pendidikan Modern. Bandung: Alfabeta.

Markham, T. (2011). Project Based Learning: Design and Coaching Guide. California: Buck Institute for Education.

Merrill, E. T. (2013). The Letter to the Philippians. Grand Rapids: Baker Academic.

Minhajul, A. (2021). Kolaborasi dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Deepublish.

Rahmadani, L., & Mustadi, A. (2019). Efektivitas project based learning terhadap tanggung jawab dan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 110–121.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning in elementary schools. Education 3-13, 43(1), 5–14.

Stott, J. (2006). The Message of Philippians. Leicester: Inter-Varsity Press.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation.

Wulandari, D., & Surjono, H. D. (2020). Pengaruh project based learning terhadap keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 145–153.

Yuliani, N., & Handayani, F. (2021). Penerapan project based learning untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 33–42.

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Turege, L. W. A., Zasa, E. U., & Rezeki, S. (2025). Implementasi Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kerja Sama Siswa Berdasarkan Filipi 2:1-11 Di SMA Bhakti Insani Bogor. Jurnal Silih Asah, 2(2), 117–128. https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.98

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.