Implementasi belajar Alkitab berdasarkan 2 Timotius 3:15 pada Pertumbuhan Kerohanian Anak di Antioch Mission Church Tangerang

Authors

  • Apliana Lali Pora Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Ester Yunita Dewi Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Elianus Telaumbanua Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasah.v1i2.55

Keywords:

Implementasi, Belajar Alkitab, 2 Timotius 3:15.

Abstract

Anak-anak adalah anugerah terindah dari Tuhan yang harus dididik, dibina dan diajar sejak kecil. Didikan sejak kecil akan menjadi fondasi yang kuat bagi anak-anak dalam menjalani hidup mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaiman impelementasi belajar Alkitab pada anak berdasarkan 2 Timotius 3:15 dan menguraikan bagaimana kitab 2 Timotius 3:15 menjadi dasar bagi pertumbuhan kerohanian anak di Gereja Antioch Mission Church Tangerang. Adapun permasalahan dalam penelitian ini, melliputi kurangnya waktu anak dalam belajar Alkitab, kurangnya pemahaman dan pengetahuan anak tentang Firman Tuhan, serta pengaruh media sosial dan teknologi yang menjadi penghambat bagi anak-anak dalam membangun kerohanian mereka.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi Pustaka. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi belajar Alkitab pada anak sangat berdampak bagi pertumbuhan kerohani anak di Gereja Antioch Mission Church Tangerang. Melalui belajar Alkitab sejak dini, membantu anak-anak mengenal Tuhan Yesus Kristus, mampu memberikan mereka hikmat dan menuntun mereka kepada keselamatan oleh iman dalam Yesus Kristus. Untuk mengajarkan Alkitab pada anak, orang tua, guru sekolah minggu, dan gereja sangat berperang penting dalam membimbing, membina dan membentuk anak-anak untuk bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus dengan benar.

References

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Bandung: Alfabeta, 2012).

Muri Yusuf, Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian gabungan (Jakarta: Kencana, 2014).

Ken Hindman, Every age every Stage (Yogyakarta: Katalis, 2022).

R.C. Sproul, Pengenalan Alkitab (Malang: Inter Varsity Press, 1994).

J.L. Packer, Knowing God (InterVarsity Press, 2011).

Yusuf Eko Basuki, Pertumbuhan Iman yang sempurna (Yogyakarta: Garudhawaca, 2014).

Steven Tubagus, Pendidikan Agama Kristen anak (Insan Cendekia Mandiri, 2021).

Matt Chandler, Family Discipleship (Yogyakarta, Katalis, 2021).

Christian Lifestyle: https://www.cmf.org.uk/resources/publications/content/?context-article&id=256. Diakses, 26 Mei 2024. Pukul 21:45.

Surip Stanislaus, Bimbing Anak cinta Alkitab (Yogyakarta: PT Kanisius, 2010).

Ernida Marbun, Pola asuh Yudaisme dan Kerohanian Anak (Jawa barat: Edu Publisher, 2023).

https://www.whatchristianswanttoknow.com/25-enlightening-parenting-quotes. Diakses 24 Mei 2024. Pukul. 15:20.

https://www.whatchristianswanttoknow.com/why-every-adult-and-child-needs-sunday-school-and-vbs/.

https://jurnal.sttsundermann.ac.id/index.php/sundermann/issue/archive June 2021.

Published

2024-08-22

How to Cite

Pora, A. L., Dewi , E. Y., & Telaumbanua, E. (2024). Implementasi belajar Alkitab berdasarkan 2 Timotius 3:15 pada Pertumbuhan Kerohanian Anak di Antioch Mission Church Tangerang. Jurnal Silih Asah, 1(2), 174–181. https://doi.org/10.54765/silihasah.v1i2.55