Kontribusi Psikologi Pendidikan Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Delpi Novianti STT Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.82

Keywords:

Pendidikan; Psikologi; Guru PAK.

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripisikan bagaimana kontribusi psikologi pendidikan bagi guru pendidikan agama Kristen. Guru adalah bagian terpenting dan menjadi salah satu faktor penentu untuk kesuksesan pendidikan. Namun, guru diperhadapakan pada berbagai masalah yang sangat kompleks seperti sikap, karakter, tindakan, tingkat kecerdasan, dan emosional dari  naradidik. Masalah tersebut menjadi tantangan dalam mencapai tujuan pendidikan. Salah satu pendekatan kunci pemecahan masalah dalam pendidikan adalah lewat ilmu psikologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis data dari berbagai sumber buku, literatur dan jurnal kemudian diinterpretasikan dalam bentuk naratif atau deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa seorang guru pendidikan agama Kristen yang memanfaatkan ilmu psikologi dapat mengoptimalkan peran dan tugasnya sebagai guru sebab: Mampu mengembangkan tujuan pembelajaran; Penerapan metode belajar yang relevan; Mampu menciptakan lingkungan kelas yang kondusif; Penemuan potensi dan bakat peserta didik; Mampu memecahkan masalah; serta Menciptakan relasi yang baik lewat kemampuan komunikasi. Penelitian ini sangat relevan dengan urgensi pengetahuan psikologi bagi guru sehingga masalah-masalah dalam dunia pendidikan dapat diatasi secara tepat. Selain itu guru akan lebih peka pada kebutuhan peserta didik, lebih sistematis, serta mampu mewujudkan sistem pembelajaran yang lebih berkualitas, efektif dan relavan.

References

Anggito, Albi & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Arianci Jane, Efhanlis Manalegi, Sutrisni, Petronela Kara Wulang, S. T. J. (2021). PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBANGUN KELUARGA KRISTEN. RCI.

Delpi Novianti & Sri Rezeki. (2024). Model Desain Pembelajaran Berbasis Teologi Dan Misi Pengabaran Injil : Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Silih Asuh : Teologi Dan Misi, 1(1), 10–16. https://journal.sttkb.ac.id/index.php/SilihAsuh/article/view/8

Ekaningtyas, N. L. D. (2022). Psikologi Dalam Dunia Pendidikan. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(01), 29–38. https://doi.org/10.53977/ps.v2i01.526

Esther Rela Intarti. (2021). Peran guru pendidikan agama kristen sebagai motivator. Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI, 4(1), 36–46.

Giban, Y., Djoweni, I. S. H., Sugiarsi, E., & Sinaga, H. (2022). ANTOLOGI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Penerbit Qiara Media.

Homrighausen, E. (2008). Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia.

Ivana, R., & Kurniawati, D. (2023). Komunikasi Efektif Dengan Pendekatan Psikologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 351–363.

Junihot Simanjuntak. (2016). Psikologi Pendidikan Agama Krsiten. ANDI.

Magdalena, I. (2023). Psikologi Pendidikan. GUEPEDIA.

Margono, S. (2003). Metode Penelitian Pendidikan (Cet. 2). Rineka Cipta.

Nainggolan, A. M., & Janis, Y. (2020). Etika Guru Agama Kristen dan relevansinya terhadap pendidikan iman naradidik. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 1(2), 152–163.

Oviyanti, F. (2016). Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267–282. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.562

Putra, R., Trifiriani, M., Indri Yani, Y., Pendidikan Agama Islam UIN Suska Riau, P., & Psikologi UIN Suska Riau, P. (2021). Urgensi Psikologi dalam Pendidikan. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 3(1), 59–70.

Rahmat, P. S. (2021). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Runtoni. (2023). Peran Penting Psikologi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Runtoni. Journal on Education, 05(02), 3715–3728. http://jonedu.org/index.php/joe

Saingo, Y. A. (2023). Tugas Dan Profesi Guru Kristen Dalam Perspektif Alkitabiah. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 27–37. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.27-37

Sama’, Annisa Wahyuni, M. P., Anastasia Dewi Anggraeni, M. P., Tonasih, S. S. T. M. K., Desak Made Yoniartini, S. P. M. P., Sri Sofiana Amni, M. P., Dr. Ismarianti, S. P. M. P., Dra. Helda Jolanda Pentury, M. P., Inne Pelangi, S. P. M. P., & Ratna Widiastuti, S. P. M. A. (2021). Psikologi Pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Tong, S. (2012). Arsitek Jiwa II. Momentum.

Yonatan Alex Arifianto. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi. Jurnal Pendidikan Agama Kristen REGULA FIDEI, 6(2), 362–387.

Zulaika, A., & Purnomo, A. S. (2021). Implementasi Metode Profile Matching dalam Pembuatan Tes Psikologi untuk Pemetaan Karir Berdasarkan Minat dan Kepribadian. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(7), 281–296. https://doi.org/10.52436/1.jpti.64

Downloads

Published

2025-08-14

How to Cite

Novianti, D. . (2025). Kontribusi Psikologi Pendidikan Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Silih Asah, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.82

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.