Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan II Timotius 3:14-17 Pada Mata Pelajaran Pak Di SMK Negeri 3 Kota Bogor

Authors

  • Nonce Julianti Manafe Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Sri Rezeki Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Herman Madjan Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.92

Keywords:

Multimedia Interaktif;Motivasi Belajar Siswa;II Timotius 3:14-17;Pendidikan Agama Kristen;SMK Negeri 3 Kota Bogor.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan II Timotius 3:14-17 pada Mata Pelajaran PAK di SMK Negeri 3 Kota Bogor”. Skripsi ini mengkaji apakah adanya pengaruh dan sejauh mana penggunaan multimedia interaktif  berdasarkan II Timotius 3:14-17 diaplikasikan dalam konteks pendidikan saat ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAK. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada realitas meningkatnya penggunaan teknologi terlebih multimedia interktif dalam dunia pendidikan. Namun, meskipun di SMK Negeri 3 Kota Bogor akses terhadap multimedia interaktif sangat tinggi namun dalam pembelajaran PAK kurang penggunaannya.Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan menjelaskan penggunaan multimedia interaktif yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan menjelaskan manfaat yang akan diperoleh dengan adanya penggunaan multimedia interaktif berdasarkan II Timotius 3:14-17 serta dapat membuktikan bahwa dengan adanya penggunaan multimedia interaktif dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif melalui wawancara, observasi, dan angket. Implikasinya adalah peneliti telah menerapkan penggunaan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran PAK di SMK Negeri 3 Kota Bogor, Pendidik memiliki kemampuan dalam mengelola kelas, menguasai materi dengan penggunaan multimedia interaktif, Mahasiswa STT Kadesi Bogor dapat menerapkan penggunaan multimedia interaktif dalam kegiatan di tempat tersebut, dan bagi peserta didik untuk menambah wawasan melalui membaca arya ilmiah ini sehingga menjadi sumber belajar supaya meningkatkan motivasi belajar.

References

Adi, I. R. (1994). Psikologi, pekerjaan sosial, dan ilmu kesejahteraan sosial: Dasar-dasar pemikiran. Jakarta: Grafindo Persada.

Atmawarni. (2011). Penggunaan media interaktif guna menciptakan pembelajaran yang inovatif di sekolah. Jurnal Ilmu Sosial, 4(1), 23.

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik pendidikan 2023. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/11/24/54557f7c1bd32f187f3cdab5/statistics-of-education-2023.html

Baharuddin, A. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui konseling klasikal. Malang: CV Abe Kreatifindo.

Daeli, A. D. (2024, Juli 23). Makna motivasi pelayanan berdasarkan Matius 20:25-28 terhadap pembentukan karakter.

Daryanto. (2013). Inovasi pembelajaran efektif. Bandung: Yrama Widya.

Entwistlee, N. (1981). Styles of learning and teaching: An integrated outline of educational psychology for students, teachers, and lecturers. New York: John Wiley & Sons Ltd.

Feida, I. (2020). Teori-teori belajar dalam pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Hyper Lapse Pictures. (2020). Multimedia interaktif dan contoh project multimedia. https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/05_Multimedia_Interaktif_dan_Contoh_Project_Multimedia_25mar20.pdf

McClelland, D. C., Atkinson, J. W., Clark, R. A., & Lowel, E. L. (1976). The achievement motive. New York: Irvington.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nopriyanti. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 224.

Oka, G. P. A. (n.d.). Media dan multimedia pembelajaran. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Roring, R. S. (n.d.). Dasar dan teori sistem multimedia. Bekasi: JIU Press.

Rukmana, A. Y. (n.d.). Dunia multimedia (Pengenalan dan penerapannya). Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Samiyanto. (2024, Mei 23). Definisi multimedia interaktif.

Sanny, B. I. (n.d.). Pengaruh net interest margin (NIM) terhadap retur non aset (ROA) pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk periode 2013–2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi – Bisnis).

Slameto. (1997). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suyono, H. (2017). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zasa, E. U. (2024). Wawancara kebangsaan. https://youtu.be/sEL7OYHKAII

Downloads

Published

2025-08-14

How to Cite

Manafe, N. J., Rezeki, S., & Madjan, H. (2025). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan II Timotius 3:14-17 Pada Mata Pelajaran Pak Di SMK Negeri 3 Kota Bogor. Jurnal Silih Asah, 2(2), 28–54. https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.92

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.