Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.54765/silihasah.v2i2.97Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, karakter siswa, era digital, nilai Kristiani, strategi pembelajaranAbstract
Peran Pendidikan Agama Kristen dalam pembentukan karakter siswa di era digital yang membawa perubahan yang signifikan dalam kehidupan masyarakat. Kemajuan teknologi yang memberikan akses yang mudah bagi setiap siswa membawa tantangan dalam pembentuk karakternya. Pendidikan Agama Kristen memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter siswa di era digital. Setiap nilai-nilai karakter yang diajarkan memiliki pemahaman yang baik bagi setiap siswa di era digital ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk karakter siswa di tengah era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan hubungan antara fenomena yang diteliti. Data yang dikumpulkan melalui observasi selama proses pembelajaran, interaksi siswa dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa cenderung lebih tertarik pada dunia digital dan mengalami penurunan dalam hal disiplin, empati dan tanggung jawab. Pendidikan Agama Kristen tetap memiliki peran penting sebagai pembelajaran nilai-nilai Kristen yang relevan dan aplikatif, seperti kasih, penguasaan diri dan integritas. Penelitian ini menekankan perlunya strategi pembelajaran yang kontekstual agar nilai-nilai karakter Kristen dapat diterapkan secara nyata di tengah era digital.
References
Bandur, A. (2014). Pendidikan Agama Kristen dan pembentukan karakter. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Darmaputera, E. (1997). Etika Kristen dalam masyarakat modern. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hutapea, R. (2020). The role of Christian teachers in shaping student character in digital era. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 21(2), 145–159.
Indrasmoro, Y. M. (2010). Pendidikan Agama Kristen dan pembentukan karakter. Yogyakarta: Andi Offset.
Manullang, S. (2020). Pendidikan karakter berbasis digital dalam perspektif iman Kristen. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 11(1), 55–70.
Marbun, R. (2019). Kontekstualisasi Pendidikan Agama Kristen di era revolusi industri 4.0. Jurnal Shanan, 3(2), 101–115.
Nainggolan, J. (2017). Pendidikan Agama Kristen sebagai sarana pembentukan iman dan karakter. Jurnal Luxnos, 3(1), 22–35.
Pardede, H. (2020). Integrasi iman dan ilmu dalam Pendidikan Agama Kristen. Regula Fidei, 5(1), 1–14.
Pattipeilohy, E. (2021). Character formation in Christian education: A theological reflection. Jurnal Pendidikan Kristen, 12(2), 120–134.
Priyotamtomo, P. W. (2012). Pendidikan nilai: Strategi membangun karakter bangsa. Yogyakarta: Kanisius.
Simanjuntak, F. (2018). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam pembentukan karakter berbasis komunitas. Didaskalia, 4(1), 88–102.
Sianipar, J. (2019). Digital media and Christian education: Opportunities and challenges. Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia, 1(2), 45–63.
Situmorang, M. (2021). Pendidikan Kristen dan literasi digital generasi Z. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 333–348.
Soekadijo, A. T. (2006). Pendidikan dan pembangunan karakter. Jakarta: Rineka Cipta.
Titaley, J. (2005). Iman Kristen dan tantangan dunia modern. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Tambunan, D. (2022). Pendidikan Agama Kristen di era digitalisasi. Jurnal Transformasi Pendidikan Kristen, 7(1), 50–66.
Winter, R. D. (2003). Perspectives on the world Christian movement. Pasadena, CA: William Carey Library.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Silih Asah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.